Saturday, March 30, 2013

Cara menginstal system windows di komputer



Di karenakan komputernya rewel, atau system crash, sehingga komputer tidak bisa di gunakan secara maksimal, bahkan di museumkan. Selama komputer tidak rusak secara fisik maka masih bisa di perbaiki dengan gratis, untuk itu saya bahas Cara menginstal system windows di komputer. Kalau service instal windows di tukang repair anda harus membayar sekitar 100 ribu. Itu untuk daerah jawa kalau di daerah saya maka anda harus membayar 250 ribu. (tapi gak tau sekarang ya). Dari pada bayar mendingan kita belajar saja, kalau rusak ya beli baru lagi.. hehehe. becanda. Intinya selama komputer anda rusak tidak pada fisiknya maka di jamin komputer anda masih bisa di perbaiki, yaitu dengan cara menginstal ulang windowsnya.


Langkah-langkah menginstal windows berikut ini bisa di praktekkan kepada semua system, hanya terjadi perbedaan sedikit di bagian instaling. Sebelum menginstal ada beberapa perangkat dan kondisi yang harus anda persiapkan, diantaranya :
  1. Media penyimpanan, seperti flash disk atau CD yang berisikan program system yang akan di instal, adapun cara mendapatkan CD berisi program windows bisa anda beli di toko komputer. biasanya harganya berkisar dari 20 ribu sampai 100 ribu. Adapun untuk flash disk, anda persiapkan yang berkapasitas 4 GB, kemudian di isi dengan program system dengan cara klik disini untuk membaca cara megisi program windows ke flashsdisk.
  2. Harus ada komputer kalau gak ada gimana mengintsalnya.
  3. Listrik nyala dan stabil, kalau tidak nyala tentu komputer tidak bisa di jalankan. (syarat yang aneh ya.. hehehe..) lanjuuut...
Nah sekarang langkah-langkah penginstalan windows, :
  1. Setting bios anda agar pada saat nyala, yang di proses adalah flashdisk atau CD windows  dulu sebelum hardisk. Cara masuk bios anda harus merestart komputer anda kemudian tekan tombol untuk masuk bios, biasanya tombol del, ada juga F2, atau F10, masing masing komputer berbeda, tapi anda bisa lihat tombolnya ketika komputer akan menyala. (durasi tampilnya sangat singkat) untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
    Booting komputer
Terlihat ada tulisan berwarna putih, yang menyebutkan tombol yang harus anda tekan.(atau coba saja salah satu dari ketiga tombol, del, F2 atau F10). maaf gambarnya sedikit kabur, maklum HP gak ada kameranya jadi pakai kamera handycam. Kalau sudah berhasil maka akan tampil bios seperti pada gambar di bawah ini.
Komputer bios
Flasdisk masuk ke komputer
Cari menu yang mengatur booting priority, contoh pada gambar di atas 1st Boot Device nya adalah CD-ROM . Jika anda ingin menggunakan flashdisk maka tekan enter pilih removable. Tetapi jika tidak di temukan pengaturan yang saya maksudkan, anda bisa gunakan cara lainnya yaitu menekan tombol F8 ketika komputer sedang menyala (tidak berada di dalam bios lagi lo), Sehingga ada tampilan menu untuk memilih booting awalnya. Oya sebelumnya anda sudah memasukkan flashdisk pada port USB.

  2. Jika sudah berhasil menyetting bootingnya maka anda akan masuk ke menu penginstalan windows. Seperti pada gambar di bawah ini ( menggunakan windows 7), kemudian di atur bahasa dan seterusnya, kemudian pilih Next dan pilih Custom (advanced), jika komputer anda sebelumnya adalah windows versi lama, maka bisa memilih Upgrade. Tetapi saya menyarankan pilih Custom saja.
instal program windows
  3.  Pilih partisi yang akan di instal dengan program windows. Biasanya partisi C atau partisi urutan ke dua. Setelah itu di pilih  Next, dan maka akan masuk ke proses penginstalan.
 4. Tunggu sampai selesai, dan jika telah selesai komputer akan mati dengan sendirinya. Jika ada pilihan lagi yang muncul maka isi form yang ada kemudian di Next sampai muncul finish..

Hhh.. capek membahasnya, mendingan langsung dicoba, gak usah kawatir, jika anda memiliki bahasa inggris dasar saya yakin apa yang saya paparkan di atas akan mudah anda praktekan. Dan jika terjadi kesalahan maka 100% saya jamin komputer anda tidak akan terbakar atau rusak total, Dampak yang paling parah jika terjadi kesalahan adalah system anda tidak akan muncul. Tetapi tetap bisa di perbaiki dengan tanpa harus mengeluarkan biaya. Kalau ada maslah seputar pengisntalan bisa kita share melalui komentar.
 

7 comments:

  1. ini dia nii.. biasanya, saiia tuk yg bginian nyerahin ke orang laen nii kang :( hiks.. dasar da ahh :( pinginnya enak ajja nii saiia nya kang :(

    Belajar Photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo bisa photoshop koq gak bisa instal.. kan tidak beresiko banget..

      Delete
    2. idem ps holic.. serahkan semua pada ahlinya dari pada laptop mbeledak -_____-

      Delete
    3. Trus kapan belajarnya... ntar di kerjain harga servicenya di naikin..

      Delete
  2. Ijin copy artikelnya ya..., Saya pingin pelajari ini mas... daripada 100rb
    Makasih, makasih

    ReplyDelete
  3. makacih tips panduanya ya kang, tapi masalahnya laptop siapa ya yg bisa ane gunakan untuk latihan ya hehehehhe maap kang becanda, tp serius ane mau nyobain tanks,,,,,,

    ReplyDelete