Tuesday, May 14, 2013

Cara pengaturan detail dan pengulangan effect animasi powerpoint

Sebelumnya sudah di bahas cara memasang effect animasi beserta 4 jenis kategori effect animasi pada powerpoint. Kali ini bagaimana cara pengaturan detail dan pengulangan effect animasi powerpoint, agar effect yang di inginkan bisa lebih bagus, baik dari sisi pengaturan timing sampai pengulangan effect animasi. Untuk pengaturan detail ada beberpa hal yang harus di pahami di antaranya :

Pengaturan timing,

a. START, Maksud dari pengaturan Start ini adalah untuk mengatur penyebab mulainya effect animasi bergerak, pengaturan ini ada 3 jenis, yaitu On click, with previous, dan after previous.
On click : Effect animasi akan bergerak ketika di klik
With Previous : Effect animasi akan bergerak bersamaan dengan gerak effect sebelumnya.
After Previous : Effect animasi akan bergerak setelah selesainya pergerakkan pada effect sebelumnya.



*untuk office 2010 ada di atas atau di dalam sub menu animation

b. SPEED, Pengaturan ini untuk mensetting kecepatan gerak dari effect animasi yang di pilih. pengaturan ini ada 5 (khusus office 2007) yaitu :
Very Slow
Slow
Medium
Fast
Very Fast

*untuk office 2010 ada di atas atau di dalam sub menu animation, yang nama pengaturannya duration.

c. REPEAT, Pengaturan ini untuk mengulang pergerakkan effect animasi sesuai dengan kebutuhan. pengaturan repeat ada 8 jenis yaitu (none), 2, 3, 4, 5, 10, Until NExt Click dan Until End Of Slide. Adapun cara menampilkan pengaturan repeat (untuk Office 2007) adalah dengan mengklik dua kali effect animasi yang ada di sisi kanan powerpoint, sedangkan untuk office 2010, pilih animation pane yang ada pada toolbar, maka akan tampil sisi kanan powerpoint yang bersisikan effect animasi yang sudah di pasang, kemudian di klik 2 kali salah satu effect yang ada, sehingga tampil seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

Pengaturan effect detil.

Pengaturan bagian ini tergantung jenis effect animasi yang di pilih, sehingga masing-masing effect memiliki pengaturan yang berbeda-beda, untuk itu jika terdapat perbedaan dengan yang ada pembahasan kali ini, silahkan di coba-coba sendiri saja. Tetapi yang sama hanya pada :

a. Sound, Untuk memberikan effect suara pada effect animasi yang di pilih.

b. After Animation, Animasi akan menjadi apa setelah effect animasi selesai bergerak.

Nih gambarnya,..

No comments:

Post a Comment