Tuesday, December 3, 2013

Kecerdasan berdasarkan pertanyaan dan jawaban


Kecerdasan berdasarkan pertanyaan dan jawaban
Jika ingin mengetahui tingkat kecerdasan seseorang, kita bisa melihat dari sisi pertanyaan yang di lontarkan dan jawaban yang di berikan, tidak seperti saya selalu bisa menjawab hehehehe...(ngaku). Jadi tidak semua orang atau siswa yang sering bertanya pasti orang yang bodoh tetapi juga tidak semua orang yang serba bisa menjawab pertanyaan di anggap orang yang pintar atau cerdas. Kebanyakkan siswa berusaha menampilkan sisi kecerdasannya untuk menutupi kebodohannya, dengan berbagai macam cara mulai dari gengsi bertanya dan selalu sok menjawab, bahkan terkadang dia sendiri bingung dengan jawaban yang dia berikan. Nah untuk itu kita mencoba untuk menguraikan kecerdasan berdasarkan pertanyaan dan jawaban, agar siswa benar-benar terlihat cerdas dan bahkan membuatnya menjadi lebih cerdas, tidak seperti saya, yang hanya bisa memaparkan ulasan seakan-akan kelihatan orang yang pintar. Sekali lagi sekiranya ulasan saya ini memang mengada-ada maka anggap saja angin lalu, tetapi jika memang sesuai dengan realita, maka bisa di jadikan bahan saling berbagi ilmu... (ilmu yang gak penting hehehehe...)


A. Seseorang yang sering bertanya menandakan dia orang bodoh...? (mitos atau fakta ya....)
Jawabanya...
Justru dengan sering bertanya maka menandakan bahwa orang tersebut adalah orang yang cerdas, lalu jawaban dari soal di atas mitos atau fakta....?? Tergantung, dari motif dan niat bertanya, jika bertanya memang ingin tahu maka dia adalah orang yang cerdas karena memiliki keingintahuan terhadap sesuatu yang memang tidak di ketahui dan berusaha menghilangkan kebodohan yang ada padanya terhadap hal yang di tanya. Sedangkan jika niat bertanyanya hanya ingin menjatuhkan yang di tanya atau ingin mencari kelemahan si penjawab maka ini adalah orang yang kurang pintar atau kurang cerdas, Di sisi lain pertanyaan yang di lontarkan akan terlihat tidak bermutu, karena sebenaranya seseorang yang ingin terlihat cerdas tidak perlu mengangkat dirinya dengan menjatuhkan orang lain, tetapi dia akan terangkat dengan sendirinya sebagai akibat dari ilmu yang dia miliki.

B. Seseorang akan yang serba menjawab menandakan dia orang cerdas..? (mitos atau fakta...)
Jawabanya...
Justru dengan serba menjawab semua pertanyaan maka orang ini di ragukan akan kecerdasannya, bahkan dengan jawaban itulah yang akan menggambarkan bahwa dia adalah orang yang bodoh atau cerdas. Sesungguhnya orang yang memang cerdas akan menjawab apa yang dia tahu dan tidak akan menjawab terhadap hal yang memang dia tidak tahu. Karena seseorang yang cerdas megatahui dampak dari jawaban yang salah, Sehingga jika dia tidak mengetahui jawabannya maka dia akan menjawab "Saya tidak tahu".  Sebagaimana yang pernah di sabdakan oleh Rosululloh tentang menjawab "tidak tahu" adalah setengah dari ilmu. Tapi bukan berarti setiap pertanyaan kita jawab dengan " Tidak tahu",  Jika kita mengetahui jawabannya maka wajib bagi kita untuk menjawab pertanyaan tersebut, karena menyembunyikan sebuah ilmu itu di haramkan.

Jadi kesimpulannya bertanyalah jika memang ingin mengetahui dari hal yang di tanya, dan menjawablah jika memang mengetahui jawabannya.
[wassalam]

7 comments:

  1. dan menangislah kalo nggak tau jawaban dari pertanyaan yang termudah.

    ReplyDelete
  2. banyak bertanya dan banyak menjawab ternyata penafsirannya bisa berbeda ya....luarbiasa ;-)

    ReplyDelete
  3. saya banyak tanya nih mas, itu tandanya saya cerewet, jauh dari cerdas....

    ReplyDelete
  4. klo mas agus karena saking pinternya

    ReplyDelete
  5. bagus pak artikel nya, saya akan mencoba untuk koreksi diri dan menjadi lebih cerdas lagi

    ReplyDelete