Tuesday, September 16, 2014

Setting konfigurasi Clear OS setelah instalasi

Setelah proses instalasi ClearOS seperti yang ada pada materi posting "Cara Instalasi ClearOS" maka kali ini kita masuk ke dalam system ClearOS, untuk Setting konfigurasi Clear OS agar bisa di jalankan dan di sharing sebagai komputer server. O ya perhatikan materi ini hasil copas, yang saya fungsikan untuk mengingat materi clearOS agar tidak lupa di masa yang akan datang.

1. Pilih Configure Network now untuk melakukan konfigurasi awal parameter-parameter jaringan di server.


2. Masukkan user root beserta password loginnya.

3. Rubah Network Mode menurut topologi jaringan yang anda inginkan. Pilih edit dan pilih salah satu dari 3 mode yang ada

Tekan tombol update jika telah selesai.

4. Berikutnya adalah konfigurasi pengalamatan ip (ip address) di tiap-tiap kartu jaringan (LAN Card) yang ada di Server ClearOS 6. Dalam contoh Server ClearOS memiliki 3 buah kartu jaringan, sesuaikan dengan kondisi server anda. Pilih edit untuk merubah parameter tiap-tiap kartu jaringan yang ada.


Parameter yang ada meliputi :
a. Role Role ada 3 jenis yaitu :
• External Tipe interface yang berhubungan dengan jaringan diluar sistem ClearOS, misalnya terhubung ke internet atau ke kelompok jaringan lain.
• LAN Tipe interface yang berhubungan dengan jaringan lokal dibelakang server ClearOS.
• HotLAN
• DMZ HotLAN dan DMZ digunakan untuk mengisolasi jaringan yang termasuk untrusted system, misalnya jaringan LAN hotspot atau jaringan LAN yang digunakan untuk keperluan umum. HotLAN untuk ip lokal dan DMZ untuk ip publik.

b. Connection Type. Tipe koneksi di ClearOS 6 ada 3 jenis yaitu:
• DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) digunakan untuk menghubungkan ke sistem DHCP server. Nantinya lancard akan otomatis mendapat ip address, netmask, gateway dan dns dari DHCP server.
• Static digunakan untuk mengisi ip address, netmask, dan gateway secara manual.
• PPPoE digunakan untuk melakukan proses otentikasi (dial up) ke server PPPoE, misalnya untuk melakukan koneksi ke Telkom Speedy.
c. IP Address Isian alamat ip di kartu jaringan, jika memilih tipe koneksi statik.
d. Netmask Isian subnet mask.
e. Gateway Alamat ip yang digunakan sebagai gateway.

5. Konfigurasi DNS server. Isikan alamat ip DNS server sesuai dengan DNS Server ISP anda atau menggunakan DNS server umum, misalnya DNS Nawala (180.131.144.144 dan 180.131.145.145), DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4), atau OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220)
 6. Hasil konfigurasi secara keseluruhan seperti contoh dibawah ini :
Selesai dah setting konfigurasi ClearOS, sekarang tinggal Setting konfigurasi melalui remote clearos... (InsyaAllah di lanjut copasnya besok hahaha...)

1 comment: